Sunday, September 25, 2011

PLTN Dunia : Tipe-tipe dan distribusi lokasi tapaknya


Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir atau lebih dikenal sebagai PLTN, merupakan satu pembangkit litrik yang dibangkitkan dari proses reaksi fisi yang terkendali di dalam suatu tempat khusus, yakni teras reaktor (reactor core) dengan perangkat pendukungnya berupa batang kendali, moderator dan pendingin. Energi yang dihasilkan oleh reaksi fisi ini merupakan energi berbentuk panas yang selanjutnya diambil oleh pendingin untuk menghasilkan uap air secara langsung maupun tak langsung. Uap air yang terbentuk dimanfaatkan untuk memutar turbin yang terkompel dengan generator penghasil listrik. Secara umum tipe PLTN dapat dibedakan berdasarkan atas jenis bahan bakar, pendingin, moderator dan siklus termodinamika yang berlangsung di dalam sistem PLTN. Jenis reaktor nuklir yang banyak digunakan sebagai pembangkit listrik nuklir (PLTN) adalah PWR (Pressurized Water Reactor), beberapa jenis PLTN lainnya dapat dilihat pada tabel berikut,

Tabel Status PLTN Dunia dan Tipe-tipenya 

Secara geografis lokasi PLTN dan cadangan uranium di dunia  tersebar seperti berikut ini,

Gambar Distribusi lokasi PLTN dan cadangan uranium di dunia

Kepadatan distribusi lokasi PLTN dunia telah tersebar di lima benua,yakni benua Amerika berada di negara Amerika Serikat, Kanada, Brazil, Argentina dan Meksiko; benua Eropa berada di negara Inggris, Perancis, Spanyol, Jerman, Belanda,  Rusia, Belgia, Bulgaria, Armenia, Czechnya, Finlandia, Hongaria, Lithunia, Romania, Slovenia, Slovakia, Swiss dan Ukrania; benua Asia berada di negara Jepang Korea Selatan, Korea Utara, Taiwan, India dan Pakistan; sedangkan benua Afrika hanya ada di negara Afrika Selatan.

Untuk proyeksi dalam waktu dekat ke depan ini  Sebagian besar pembangunan PLTN saat ini berada di wilayah Asia, yakni Korea Selatan, Jepang dan Cina.

No comments:

Post a Comment